Menghubungkan mesin dengan mesin secara langsung melalui sambungan internet merupakan esensi dari Internet of Things atau yang biasa disingkat IoT. Melalui IoT, mesin yang satu dengan lainnya bisa langsung berkomunikasi tanpa perlu campur tangan manusia.

Dengan meminimalisir bantuan manusia, mesin bisa bekerja secara otomatis sehingga berdampak pada efisiensi dan kecepatan dalam ketika melakukan satu tugas tertentu. Sebuah kegiatan bisa dikatakan berbasis pada IoT jika setidaknya memenuhi tiga komponen dalam penerapannya yakni:

  • Perangkat elektronik
  • Jaringan internet
  • Aplikasi untuk mengendalikan perangkat

Contoh IoT di Kehidupan Sehari-hari

Contoh sederhana IoT yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti penerapan smart home. Sebuah rumah bisa dikatakan sebagai smart home jika kegiatan dalam rumah tersebut sebagian besar berbasis IoT. Sebagai contoh, untuk menyalakan lampu, rumah tersebut sudah memakai lampu pintar yang bisa dikendalikan lewat aplikasi untuk menyalakan dan mematikannya.

Cara kerja serupa juga berlaku untuk perangkat elektronik pintar lainnya seperti pendingin udara, penjernih udara, atau motion sensors. Tak hanya untuk menyalakan, pengguna juga bisa memasang timer atau langsung mematikan berbagai perangkat pintar tersebut dari jarak jauh jika seandainya lupa mematikannya saat meninggalkan rumah.

Selain untuk kenyamanan, IoT juga bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan keamanan di rumah. Melalui CCTV yang mendukung teknologi IoT, pemilik rumah bisa mengawasi rumahnya melalui aplikasi saat sedang bepergian.

Manfaat IoT untuk Bisnis

Selain untuk kebutuhan perumahan, IoT juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Saat ini, solusi berbasis IoT sudah mulai diterapkan di beberapa industri untuk mempermudah operasional bisnisnya agar lebih efisien.

Contohnya pada bisnis pertanian dan perikanan. Pada bisnis pertanian, solusi berbasis IoT membantu petani mendapatkan hasil panen yang lebih optimal melalui alat yang ditanam di dalam tanah. Alat ini berfungsi untuk mengukur kelembapan tanah dan pengukuran lainnya agar petani bisa mengambil langkah yang tepat untuk memaksimalkan hasil tanamannya.

Sedangkan pada bisnis perikanan, solusi berbasis IoT membantu petani tambak untuk memberikan pakan ikan. Alat yang ditanam dalam tambak akan mengirimkan sinyal ke perangkat pemberi pakan otomatis, dan selanjutnya perangkat pemberi pakan akan mengeluarkan pakan sesuai porsinya berdasarkan sensor gerakan yang mendeteksi pergerakan ikan.

Dengan begitu, pakan yang diberikan akan lebih efisien karena dikeluarkan sesuai porsinya dan petani tak perlu khawatir terlambat memberikan pakan ketika ikan kelaparan.

Solusi berbasis IoT juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan publik. Misalnya, dalam penerapan Command Center yang dibentuk oleh setiap pemerintah kota/kabupaten. Melalui Command Center, pemerintah kota/kabupaten bisa memantau mobilitas warganya melalui pantauan kamera CCTV yang disebar di berbagai titik.

Adanya Command Center juga memudahkan warga untuk menyampaikan keluhan terkait fasilitas atau masalah publik yang mereka hadapi. Hal ini akan memangkas proses birokrasi sehingga keluhan warga bisa cepat ditanggapi oleh instansi terkait.

Cara penyampaian keluhan ini pun bisa melalui berbagai channel, tak hanya melalui panggilan telepon, SMS, atau media sosial. Saat ini beberapa Command Center juga terhubung dengan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga demi memperluas saluran pada publik untuk menyampaikan laporan atau keluhan.

Selain itu, kehadiran Command Center berbasis IoT turut membantu sinergi antar instansi ketika menghadapi keadaan darurat. Sebagai contoh, ketika kamera CCTV menangkap adanya kecelakaan yang mengakibatkan tersendatnya lalu-lintas, petugas Command Center bisa langsung menghubungi instansi yang berwenang untuk menghadapi masalah tersebut.

Command Center juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ketika kamera CCTV menangkap gambar pergerakan massa dalam jumlah besar, petugas Command Center bisa menghubungi instansi berwenang untuk mengawal dan mengamankan aksi tersebut agar tetap sesuai koridor dan tak mengganggu aktivitas publik.

Ahza Global Strategis – Digital Agency Jakarta

Please follow and like us: