WeCreativez WhatsApp Support
Our team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, This is Ahzadigital, how can I help?

logo-dark

Welcome to our blog.


cara mencari keyword yang benar untuk website

Menentukan keyword yang tepat merupakan salah satu cara efektif agar produk atau layanan anda dikenal lebih luas oleh publik. Jumlah traffic yang didapatkan oleh sebuah website bisa dipengaruhi oleh penentuan keyword yang ditetapkan oleh website tersebut. Hal inilah yang menyebabkan keyword menjadi salah satu bagian penting dalam menjalankan strategi bisnis.

Menentukan keyword yang tepat akan membantu artikel atau website tertentu mampu tampil di halaman pertama Google. Masalahnya, tak semua orang memahami bagaimana menentukan keyword pada artikel atau website miliknya agar ranking pencariannya di Google terus menanjak. Pada artikel ini, akan dibahas satu persatu tool dan tip menggunakannya agar anda bisa menentukan keyword tepat sesuai bisnis anda sehingga website yang anda kelola bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

1. Riset Keyword denganGoogle Trends

tools untuk mencari keyword

Google Trends merupakan tool gratis yang disediakan oleh Google untuk mengetahui pencarian apa yang sedang populer di suatu negara. Menggunakan tool ini pun sangat mudah.

  • Anda cukup menentukan negara mana yang dituju,
  • lalu pilih Penelusuran Trending untuk melihat pencarian apa yang sedang populer di negara tersebut.
  • Anda juga bisa melihat seberapa banyak sebuah keyword dicari oleh orang dengan melihat tren penelusurannya.
  • Misalnya, anda ingin mengetahui seberapa banyak pencarian menggunakan kata ‘GrabFood’, maka cukup masukkan keyword ‘GrabFood’ di kotak pencarian dan Google Trends akan menunjukkan datanya kepada anda.

Google Trends bahkan menunjukkan data pencarian keyword yang masih berkaitan, misalnya ‘Promo GrabFood 2019’, ‘Kode Promo GrabFood 2019’ jika anda memasukkan keyword ‘GrabFood’. Dengan data-data ini, anda bisa menentukan keyword yang paling tepat untuk mengoptimalkan brand awareness bisnis anda.

2. Google Search Console

alat untuk riset keyword

Google Search Console merupakan tool gratis berikutnya dari Google. Berbeda dengan Google Trends, Google Search Console bisa membantu anda mengetahui keyword apa yang paling memberikan dampak bagi website yang anda kelola.

Untuk menggunakannya, anda bisa menghubungkan terlebih dahulu website yang anda kelola dengan akun Google Search Console. Nantinya, Google Search Console akan menghadirkan report keyword apa yang membuat website milikmu tampil di halaman pencarian Google.

Google Search Console juga memberikan data lengkap mengenai jumlah impresi dan klik yang anda dapatkan saat menerapkan keyword tertentu. Agar keyword yang anda pilih lebih maksimal, coba masukkan keyword tersebut pada title tag dan meta description agar artikel promosi yang anda tulis bisa naik peringkatnya di halaman pencarian Google.

3. Gunakan SEMrush

Selain memperhatikan keyword yang ada pada website milik anda, ada baiknya jika anda juga mengamati keyword yang ditentukan oleh kompetitor. Untuk mengetahui hal tersebut, anda bisa menggunakan platform bernama SEMrush.

Platform ini akan menunjukkan pada anda laman paling populer yang didapatkan oleh kompetitor. Hal ini bisa menjadi insight bagi anda untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor dan mempelajari strategi mereka.

Melalui SEMrush, anda juga bisa melihat laman yang paling sedikit mendapat backlink. Seperti diketahui, jika sebuah laman mendapat banyak backlink maka potensinya muncul di halaman pertama Google semakin besar.

Namun ada juga yang mampu tampil di halaman pertama Google hanya dengan mengandalkan SEO tanpa memiliki banyak backlink. Jika kompetitor anda memiliki hal ini, lihat keyword apa yang mereka gunakan hingga bisa tampil di halaman pertama Google tanpa bermodal banyak backlink.

4.Keyword Tool

Platform ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan Google Trends. Bedanya, anda bisa mengetahui tingkat kepopuleran sebuah keyword di berbagai platform selain Google.

Anda juga bisa melihat kepopuleran keyword di platform lain seperti YouTube, Bing, Amazon, eBay, Instagram, hingga Twitter. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda bisa memilih negara yang dituju dan memasukkan kata kunci untuk mengetahui tingkat kepopulerannya di negara tersebut.

Tak hanya keyword, anda juga bisa melihat pertanyaan paling populer yang masih berkaitan dengan keyword tersebut. Sebagai contoh, ketika anda memasukkan kata kunci ‘Gojek’, maka pertanyaan populer yang muncul terkait keyword tersebut seperti ‘Apa saja layanan Gojek’, ‘Apa saja fitur Gojek’, dan sebagainya.

Dengan mengetahui pertanyaan populer, anda bisa membuat artikel yang isinya mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut agar peringkat website anda semakin menanjak di halaman pencarian Google.

Adapun untuk mendapat laporan lengkap, anda harus berlangganan layanan Keyword Tool terlebih dahulu. Sebagai informasi, selain Keyword Tool anda juga bisa memanfaatkan Quora untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan populer.

5. Pilih topik yang niche

Saat ini, banyak orang membuat website dengan topik serupa atau menawarkan produk maupun layanan yang hampir serupa melalui websitenya. Banyaknya kompetitor yang menawarkan hal serupa tentunya akan mempersulit anda untuk menawarkan produk maupun layanan kepada pasar potensial.

Lalu, bagaimana agar anda bisa tampil beda? Selain memanfaatkan tool yang telah dijelaskan di atas, upayakan agar produk atau layanan yang anda tawarkan bermain di pasar terbatas atau niche market. Pasar tersebut memang tidak terlalu besar, namun isinya sangat potensial menjadi konsumen anda jika anda menekuninya.

Sebagai contoh, jika saat ini banyak website yang menyajikan informasi seputar kesehatan umum, maka anda bisa memilih topik yang lebih spesifik seperti kesehatan jantung atau kesehatan telinga misalnya. Upayakan tetap konsisten membahas topik yang niche tersebut. Hal ini juga akan membantu Google mengidentifikasi topik apa yang dibahas di website anda.

6. Bermain long tail keyword

Keyword memang penting, namun terlalu terpaku pada keyword tertentu juga tidak bagus. Anda juga harus memperhatikan konten website anda secara keseluruhan.

Sama seperti memilih topik, buatlah konten yang juga spesifik dan tak terlalu terpaku pada keyword tertentu. Dengan membuat konten yg spesifik, maka anda sedang  memainkan long tail keyword yang akan membantu mendatangkan traffic dalam jangka panjang.

Long tail keyword biasanya terdiri dari tiga hingga empat keyword yang sangat spesifik pada hal tertentu. Sebagai contoh, ketimbang membuat artikel berjudul ‘Cara membuat toko online’, buatlah judul yang lebih spesifik seperti ‘Cara membuat toko online di Tokopedia’ atau ‘Cara berjualan online di Bukalapak’. Memainkan long tail keyword akan membuat konten anda berada di pencarian utama ketika seseorang mengetik sesuatu yang benar-benar dicarinya.

cara mengembangkan usaha

Pastinya setiap jenis bisnis ataupun usaha pastinya masalah sendiri sehinggi bisa berhasil atau sukses dalam menjalankan bisnis tersebut. Nah, oleh karena itu sebaiknya ketahui cara mengembangkan usaha lebih cepat dan efektif agar terhindar dari permasalahan yang bisa membuat target ataupun omset penjualan Anda menjadi menurun.

Menjalankan sebuah bisnis dari awal memang bukanlah suatu hal yang gampang dan mudah. Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang harus siap dengan berbagai growth hacking yang akan dihadapi. Bagi seorang pebisnis tentunya hal tersebut bukanlah sesuatu hal yang harus dihindari tetapi memang menjadi suatu hal yang harus diatasi.

Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang harus siap dengan setiap tantangan ataupun rintangan yang dapat membuat usaha Anda menjadi gagal agar bisa tumbuh atau berkembang menjadi usaha yang lebih cepat berhasil dalam target yang telah ditentukan.

Cara Mengembangkan Usaha Lebih Cepat dan Efektif

Perlu diketahui bahwa dalam memulai sebuah usaha ataupun bisnis maka Anda harus mengetahui cara growth hacking atau cara mengembangkan usaha dengan lebih cepat dan efektif. Apabila Anda memang belum mengetahuinya maka ketahui seputar informasinya di bawah ini.

1. Melakukan evaluasi produk

Hal pertama yang harus Anda lakukan cara mengembangkan usaha lebih cepat dan efektif yaitu melakukan evaluasi produk terlebih dahulu. Jadi, kenalilah kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut kemudian Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan yang perlu dilengkapi agar bisa menarik perhatian konsumen.

Nah, apabila Anda sudah mengetahui kelebihan usaha yang dijalankan sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen maka sebaiknya memang pertahankan keunggulan yang dimiliki dari usaha yang Anda jalankan. Dengan demikian tentunya akan membuat produk dari bisnis ataupun usaha Anda dapat berjalan secara maksimal dengan omset penjualan yang cukup tinggi.

Dengan demikian maka Anda memang harus melakukan evaluasi produk dengan membandingkannya dengan usaha orang lainnya sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan sebuah evaluasi produk. Dengan begitu maka akan membuat usaha Anda menjadi terus berkembang dengan tingkat penjualan yang tinggi.

2. Memastikan segmen konsumen

Berikutnya, Anda juga harus memperhatikan segmen pasar ataupun konsumen agar dapat mengevaluasi bagaimana perkembangan usaha ataupun bisnis yang dijalankan. Jadi, ketika Anda memulai sebuah bisnis maka sebaiknya memperhatikan sebuah segmen pasarnya mulai dari pesaing pasarnya dan target pemasarannya.

Dengan demikian tentunya akan membuat Anda lebih bisa membaca peluang usaha yang akan dijalankan. Sebagai seorang pebisnis pastinya Anda memang harus memperhitungkan peluangnya besar atau kecil agar bisa mengetahui jumlah keuntungan yang didaptkan besar atau kecil.

Tentunya, tujuan memajukan usaha adalah menginginkan keuntungan yang besar. Dengan begitu maka Anda memang harus memperhitungkan peluangnya dari strategi tempatnya ataupun jumlah target pembelinya.

3. Menggunakan mekanisme Growth Hacking

Langkah berikutnya untuk mengembangkan usaha lebih cepat dan efektif maka sebaiknya Anda memang menggunakan mekanisme Growth Hacking. Jadi, yang dimaksudkan dengan menggunakan kreativitas  publikasi. Bisa dikatakan growth hacking dapat dilakukan berhasil apabila Anda menggunakan teknologi jaman sekarang.

Contohnya, jaman sekarang ini banyak sekali orang yang senang menggunakan gadget sebagai media hiburan. Dengan begitu maka Anda dapat melakukan mekanisme growth hacking yaitu dengan melakukan marketing melalui media online. Kini kegiatan marketing yang dilakukan melalui media online, seperti media sosial tersebut ternyata sangat cocok dijadikan sebagai growth hacking sebuah usaha.

Dengan memperluaskan promosi produk Anda tentunya akan membuat produk semakin luas jangkauannya sehingga dapat meningkatkan jumlah penghasilan ataupun omset penjualannya yang semakin meningkat. Apabila Anda dapat melakukan growth hacking dengan kreatif melalui media online maka bisa membuat bisnis Anda semakin lancar.

4. Menciptakan Kreativitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam menjalankan sebuah usaha menggunakan mekanisme growth hacking maka Anda memang harus menciptakan sebuah kreativitas yang tinggi agar memiliki keunikan dan daya tarik yang lebih meningkat. Kreativitas tersebut tidak hanya dilakukan pada tampilan produk saja.

Tetapi, kreativitas yang dimaksudkan dalam growth hacking yaitu dapat memberikan kreativitas dan inovasi pada cara penjualan atau marketingnya. Dengan begitu tentunya akan membuat kegiatan marketing yang dilakukan dapat mudah dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu, kini banyak orang yang memberikan cara marketing lebih kreatif.

Tentunya, tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil penjualan dengan tingkat omset yang lebih besar setiap bulannya. Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang lebih bersikap kreatif dalam memperjualbelikannya dengan harga yang standard tetapi kualitasnya bagus, ditambah dengan metode marketingnya yang tepat.

5. Memberikan hadiah

Berikutnya, cara mengembangkan usaha yang sudah ada, Anda juga dapat melakukan growth hacking dengan memberikan promo ataupun diskon kepada pembelinya. Dengan demikian tentunya akan menarik perhatian para calon pembeli tentunya. Nah, tentunya hal tersebut memang disukai oleh semua kalangan pembeli, Namun, cara pemberian hadiah ini dapat dilakukan di momen hari libur.

Atau Anda juga bisa memberikan hadiah pada saat momen tertentu, nah biasanya hal tersebut juga menjadi salah satu daya tarik untuk membuat jumlah pelanggan Anda semakin banyak.

Tentunya, sebuah usaha ataupun bisnis memang sekali-kali harus memberikan hadiah kepada pembelinya agar dapat menjadi daya tarik tersendiri yang membuat sebagian besar orang semakin suka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

6. Menawarkan produk gratis

Selain memberikan hadiah, ternyata sebagai seorang pebisnis ataupun pengusaha maka Anda juga harus menawarkan produk gratis kepada sebagian besar orang. Nah, ketahuilah bahwa produk gratis ini tentunya tidak diberikan setiap saat tetapi hanya pada hal tertentu. Misalnya, ketika mengadakan kuis kemudian ada pelanggan yang bisa menjawab maka diberi produk gratis.

Kemudian, Anda juga dapat menggunakan penggunaan jumlah poin apabila semakin sering orang membelinya maka akan mendapatkan poin banyak. Nah, semakin banyak poin yang didapatkan maka akan mendapatkan potongan harga sehingga produknya gratis.

7. Memperbaiki website

Selanjutnya, dalam melakukan growth hacking sebuah usaha maka Anda seharusnya memperbaiki website yang dijualkan sebagai salah satu media pemasaran secara online. Dengan demikian tentunya akan membuat pemasaran produk semakin luas. Nah, ketahuilah bahwa manfaat website untuk bisnis sebagai media pemasaran semakin efektif.

Oleh karena itu, setelah Anda memiliki website sebagai media marketing maka sebaiknya memang seringkali mengupdatenya. Dengan demikian maka kegiatan marketing penjualan yang dilakukan akan semakin luas.

8. Integrasi dengan media sosial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pengembangan bisnis memang harus diintegrasikan dengan media online, seperti media sosial yang akan membuat promosi produk Anda semakin meluas untuk memperbanyak jumlah calon pelanggan.

Kini, hampir setiap orang pastinya memiiki akun media sosial yang akan sanga mampu meningkatkan jumlah omset penjualan. Nah, Anda dapat mempelajari cara promosi produk di instagram yang unik dan menarik untuk meningkatkan jumlah penghasilan.

cara promosi di instagram

Berdasarkan survei WeAreSocial.net dan Hootsuite, Instagram merupakan platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak yang menempati urutan ke tujuh di dunia. Secara keseluruhan, jumlah total pengguna Instagram telah menyentuh angka satu miliar, meski angka tersebut tak semuanya merupakan pengguna aktif.

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia marketing, data ini bisa diartikan bahwa Instagram merupakan salah satu saluran potensial untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan.

Apalagi Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna aktif Instagram yang cukup banyak, yakni berjumlah 62 juta menurut laporan Statista. Meski Instagram menawarkan peluang yang sangat menjanjikan untuk melakukan aktivitas promosi bisnis, tak semua orang mengetahui bagaimana memanfaatkan platform berbagi foto dan video ini untuk memasarkan produknya kepada target pasar. Lalu, apa yang harus diperhatikan jika sebuah produk atau layanan ingin mendapat perhatian publik dengan memanfaatkan Instagram? Berikut tipnya.

1. Promosi di Instagram dengan membangun rasa penasaran

Memberikan informasi yang jelas merupakan sebuah keharusan agar pesan yang ingin disampaikan bisa ditangkap dengan baik oleh publik. Namun tak semua informasi tersebut harus dituangkan dalam satu keranjang.

Bangunlah rasa penasaran agar orang kembali ke akun Instagram anda untuk menemukan informasi lengkapnya. Hal ini juga bisa dikonversi untuk mengunjungi situs anda. Misalnya, pada penghujung caption di sebuah post, anda bisa menuliskan ‘Yuk klik tautan di bio untuk informasi selengkapnya’, atau ‘Temukan jawaban selengkapnya dengan klik tautan di bio’.

2. Pamerkan produk/hasil layanan dengan captions menarik

Ini merupakan hal wajib agar publik mengetahui apa manfaat dari produk atau layanan yang kamu tawarkan. Kamu bisa memposting cara kerja produk yang kamu tawarkan, ditambah dengan captions menarik untuk promosi, atau hasil dari kerja produk maupun layanan yang anda tawarkan. Jangan lupa, pastikan produk atau layanan yang anda posting memang dibutuhkan publik dan bisa menjadi solusi.

3. Manfaatkan stories Instagram untuk promosi produk

Sebagai informasi, Stories merupakan salah satu fitur yang paling digemari pengguna Instagram. Dalam laporan terbaru, jumlah pengguna harian Instagram Stories telah mencapai angka 500 juta. Jumlah tersebut menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat, karena per Juni 2018 jumlah pengguna Stories Instagram masih di angka 400 juta.

Meski angka pengguna Stories sangat tinggi, hal penting yang harus diketahui bahwa fitur ini tak sekedar berbagi gambar, video, atau teks. Agar mampu menarik perhatian publik, pastikan anda sudah membuat storytelling untuk konten Stories yang akan anda posting.

Dengan membuat alur cerita melalui Stories ketika mempromosikan produk atau jasa, maka hal ini bisa menambah potensi pengguna yang melihatnya untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Saat ini, ada dua juta pengiklan yang memilih memasang iklan di fitur Stories di semua platform Facebook selaku perusahaan induk Instagram.

4. Mengadakan kuis dan giveaway

Tip ini berpotensi menambah awareness terhadap brand anda jika diterapkan. Lakukan giveaway secara rutin, sebulan sekali misalnya. Minta pengguna yang tertarik mengikuti giveaway untuk menulis hashtag tertentu pada postingannya agar awareness terhadap brand anda tersebar semakin luas.

Ketika mengadakan kuis, anda juga bisa meminta pengguna yang tertarik berpartisipasi untuk berfoto bersama produk yang kamu tawarkan dan melakukan tag ke rekan-rekannya. Hal ini akan membuat banyak orang mempromosikan produkmu.

5. Bermitra dengan influencer

Menggandeng influencer untuk mempromosikan bisnis anda termasuk cara yang efektif guna meningkatkan brand awareness dan dikenal banyak orang. Jika anda telah memilih influencer yang tepat untuk membantu mempromosikan bisnis, maka produk yang anda tawarkan berpotensi menjadi lebih populer.

Bagaimana cara menambah jumlah follower?

cara mempromosikan produk di instagram

Semakin banyak follower yang anda dapatkan di akun bisnis Instagram, maka produk atau layanan anda akan semakin berpotensi dilihat oleh banyak orang. Untuk mendapatkan follower yang organik dan sesuai dengan target pasar anda, mungkin membutuhkan waktu. Berikut trik yang bisa anda coba untuk menambah jumlah follower di Instagram.

1. Saring konten dengan engagement rendah

Tak semua konten yang anda posting memiliki engagement yang baik. Untuk mengetahui konten mana yang memiliki engagement paling tinggi, coba untuk memposting enam hingga delapan konten. Setelah mengetahui konten jenis apa yang tingkat engagement-nya rendah, stop memposting konten seperti itu karena tak berdampak pada penambahan jumlah follower.

2. Mulai fokus konten video

Konten dalam bentuk video harus diakui memang tengah naik daun belakangan ini. Facebook yang merupakan perusahaan induk Instagram, sepertinya menyadari hal tersebut. Anda bisa membandingkan traksi yang diperoleh dari konten video dan konten foto di Instagram. Karena itu, tak ada salahnya mulai fokus membuat konten video guna mengikuti selera pasar saat ini.

3. Kreatif membuat konten

Agar tampil beda dan menarik lebih banyak perhatian publik, konten yang anda posting tentunya harus kreatif. Sebagai contoh, ketika sedang mempromosikan sebuah produk makanan, anda bisa menulis di caption foto atau video dengan keterangan ‘Kamu tim Rasa atau tim Tampilan? Yuk berikan komentarmu di bawah ini’. Hal tersebut berpotensi meningkatkan engagement dan konten yang anda posting berpotensi disebarluaskan oleh banyak orang.

4. Rajin membalas komentar

Untuk apa orang lain harus mengikuti akun anda jika anda malas menjawab komentar dari pengguna lain? Perlu diingat, bahwa Instagram tetaplah media sosial. Untuk meningkatkan engagement dan bertambahnya jumlah follower, anda harus aktif memberikan komentar atau menjawab pertanyaan dari pengguna lain.

5. Posting konten tiga jam sekali

Apakah anda pernah memperhatikan akun yang memiliki banyak follower terbilang sangat rajin memposting konten baru? Memposting konten secara teratur akan meningkatkan engagement dan berpotensi menambah jumlah follower. Memposting konten baru setiap tiga jam sekali tidaklah berlebihan. Jika anda mengikuti konsep ini, akan ada sekitar delapan konten di akun anda dalam sehari.

6. Pukul berapa sebaiknya memposting konten?

Jika anda ingin membuat keputusan mengenai hal ini dengan berbasis data, anda bisa mendaftar ke sebuah platform penyedia tool analitik bernama Iconosquare. Platform ini akan membantu anda memetakan dari mana saja sebagian besar follower anda berasal.

Jika sudah diketahui, usahakan posting pada pagi hari sesuai jam tempat sebagian besar follower anda berasal. Namun hal ini bukanlah aturan baku. Pada industri lain yang followernya biasa mulai beraktivitas pada siang hari, anda bisa menyesuaikan memposting konten sesuai jam ketika follower anda mulai beraktivitas.